Perbedaan antara Bisnis MLM dan Money Game

Hari ini di Indonesia, berbagai macam peluang bisnis online yang kita tau melalui internet dan social media dari yang modalnya kecil hingga besar. Dan didukung dengan mudahnya masyarakat Indonesia dalam mengakses internet untuk berpromosi. Banyak yang memanfaatkan hal tersebut untuk memperoleh keuntungan dengan cara menipu. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia kebanyakan ingin mendapatkan uang dalam jangka waktu singkat atau mungkin dengan duduk diam bisa sukses, menjadi peluang besar bagi para penipu.

Nah disini Ada dua jenis peluang bisnis online yang saat ini cukup booming di Indonesia saat ini, yaitu bisnis MLM (Multi Level Marketing atau Network Marketing ) dan Money Game (permainan uang, saya tidak setuju kalau ini disebut bisnis). Kalau Anda tertarik menjalankan sebuah bisnis online, Anda harus berhati-hati dalam memilih karena biasanya Money Game akan mengaku kalau mereka adalah MLM. ( mengakibatkan banyak yang trauma dengan MLM )

Disini saya akan menjelaskan perbedaan MLM murni dengan Money Game ( mengaku sebagai bisnis MLM )

Saya akan memberi Anda beberapa tips agar Anda bisa membedakan antara MLM dan Money Game :

Dari segi Keanggotaan

MLM :
untuk mendaftar sebagai member atau distributor dalam bisnis MLM biasanya relatif kecil (ratusan ribuan). Biasanya Biaya itu hanya sebagai pengganti biaya administrasi seperti website resmi, produk, CD, starterkit, kartu anggota, brosur dll.

Money Game :
untuk mendaftar sebagai member atau anggota bisnis money game, biasanya uang pendaftarannya akan sangat besar (berjuta-juta) dan tidak mendapatkan apa-apa.

Dari segi Produk

Produk yang dijual di bisnis MLM :

Untuk produknya Memiliki ijin Depkes, BPOM, MUI, atau memiliki sertifikat yang sah dan Mudah dijual di pasaran karena kualitasnya yang terjamin dan tidak pasaran.
Bisnis tetap dapat berjalan walaupun tidak memiliki downline, dengan hanya berjualan produk.
Perusahaan MLM akan memberi jaminan terhadap produk yang mereka jual.
Perusahaan MLM selalu berinovasi dalam Penelitian dan Pengembangan produk mereka.

Produk yang dijual di bisnis Money Game:

Produk biasanya sulit sekali dijual bahkan tidak bisa dijual, atau pelakunya sendiri malah enggan untuk memakainya.
Keanggotaan lebih penting (rekrut terus tanpa jualan) daripada produk atau dengan kata lain tujuan dari transaksi adalah untuk memperoleh komisi dan member baru bukan produk.
Produk kadang hanya fiktif dan kalaupun ada berkualitas rendah atau tidak sesuai dengan nilai uang yang dibayarkan.

Sistem yang Jelas

MLM :
Perusahaan MLM yang murni memiliki Success Plan yang jelas ada jenjang karir yang bisa dikejar. Sangat jelas darimana asal keuntungan, level atau peringkat yang bisa dicapai, aturan main, dan kode etik bagi member. Bonus yang diperoleh adalah berdasarkan OMZET penjualan. Ada prinsip keadilan dalam bisnis, dimana downline yang lebih giat dan fokus dalam bekerja bisa memperoleh profit atau peringkat karier lebih tinggi dari upline-nya. Upline pun punya kepentingan dengan downline, dimana dia juga harus membantu perkembangan jaringan downlinenya agar jenjang karirnya terus naik.

Money Game :
Sementara pada bisnis Money game, berlaku sistem piramid, dimana upline pasti dapat untung lebih besar. Bonus yang diperoleh adalah berasal dari Biaya Pendaftaran para member barunya.

Surat Ijin

MLM :
Perusahaan MLM dilengkapi dengan perijinan resmi dan lengkap seperti Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL).

Money Game :
Biasanya tidak memiliki / bahkan tidak bisa memiliki Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL).

Training dan Support System

MLM :
Perusahaan MLM akan memberikan pelatihan-pelatihan mengenai produk mereka, keahlian yang diperlukan dalam memasarkan produknya, leadership, marketing, pengembangan diri, dll. Perusahaan juga menyediakan support system yang siap membantu perkembangan bisnis untuk para anggotanya yang mengalami kendala.

Money Game :
Pada perusahaan Money Game biasanya menggunakan akan model pelatihan motivasi untuk ‘cuci otak’ agar mereka jadi loyal. Bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki sistem pelatihan maupun support system.

Bagaimana sekarang apakah Anda sudah bisa membedakan MLM dengan Money Game? Agar anda tidak tertipu dengan Money Game yang berkedok MLM. Ada baiknya Anda mencermati terlebih dahulu bisnis itu baik atau tidak untuk Anda kedepannya. Tanpa harus mengalami kekecewaan atau mengecewakan orang lain. Jika anda ingin berkarir di bisnis MLM yang wajib anda tanyakan adalah apakah perusahaan tersebut mempunyai SIUPL?

Bisnis Online HWI

Leave a Reply

nineteen + 20 =